Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, yang ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium. Agroteknologi UMY kembali meyudisium mahasiswanya (30/3 dan 6/4), dengan jumlah 45 mahasiswa yang terdiri atas 13 mahasiswa dan 32 mahasiswi yang dinyatakan Lulus oleh Innaka Ageng Rineksane, S. P., M. P., Ph. D. selaku Kaprodi Agroteknologi UMY. Dari 45 mahasiswa terdapat 3 mahasiswa yang dinyatakan sebagai mahasiswa lulusan dengan predikat tercepat, terbaik, dan termuda. Untuk predikat lulusan tercepat didapat mahasiswi atas nama Novia Ratna Hidayati, predikat lulusan tercepat ia dapatkan berdasarkan tanggal pelaksanaan ujian skripsi yaitu selama 3 Tahun, 5 Bulan, 30 Hari. Predikat lulusan terbaik didapat mahasiswi atas nama Candra Debilana Nusivera dengan IPK : 3,92, sedangkan predikat lulusan termuda jatuh kepada mahasiswi atas nama Atika Farah Dhiba dengan usia 21 tahun, 0 bulan, 6 hari.

Menurut Ocan (sapaan Candra Debilana) dalam mengerjakan segala sesuatu harus semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang ada. Setidaknya, jika saya sudah melakukan kewajiban saya secara maksimal, meskipun hasilnya belum sesuai harapan, saya tidak akan menyesal. Tapi alhamdulillah ternyata apa yang saya kerjakan dengan maksimal memberikan hasil yang maksimal juga. Selain itu, saya juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) namun, mengikuti organisasi bukan alasan untuk tidak berprestasi. Justru organisasi yang dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita. Karena apa yang ada di bangku perkuliah tidak semata-mata hanya dari teori saja, dan organisasi yang saya ikuti memberikan wawasan lain tentang apa yangg tidak saya dapatkan di bangku kuliah. Saya merasa beruntung menjadi salah satu mahasiswa Agroteknologi UMY karena selama kuliah saya mendapatkan “paket lengkap” mulai dari materi kuliah yang mencakup banyak hal, praktikum dan alat praktikum yang cukup memadai dan yang pasti dosen-dosen kompeten yang menjadikan mahasiswanya tidak “manja”. Banyak yang bilang Agroteknologi UMY itu salah satu prodi yg cukup “’sulit” untuk dijalani, tapi justru karena hal itulah yg menjadikan prodi ini menjadi berkualitas dan menghasilkan mahasiswa yang berkualitas juga. “Pesan buat adik tangkat saya jangan sia-siakan banyak kesempatan yang diberikan prodi untuk membuatmu berkembang lebih dari sekedar di bangku kuliah. Fasilitas untuk membuatmu lebih bersinar di luar kampus harus kamu manfaatkan demi dirimu sendiri tanpa melupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa dan untuk teman teman yang masih kuliah, penelitian dan proses penulisan naskah : SEMANGAT !! Semua akan indah pada waktunya” Tutup Ocan.

Sedang kan menurut Novia (sapaan Novia Ratna) salah satu cara agar cepet lulus cepat yaitu jangan malas-malasan, selalu ingat perjuangan orang tua yg menginginkan lulus tepat waktu cepat dengan predikat cumlaude, itu yang salah satu motivasi saya untuk terus mengejar mimpi saya. Selain itu usaha, baik usaha, belajar dan jangan lupa selalu di iringi do’a, serta selalu disiplin dalam menjalankan perkuliahan, dan selalu membuat timeline agar aktivitas sehari-hari terlaksana secara struktural. Selain perkuliahan, saya juga aktif dalam organisasi Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FP UMY. Dalam membagi waktu baik urusan perkuliahan maupun organisasi yang dapat saya lakukan adalah membuat timeline. Dengan timeline kita dapat membagi waktu antara perkuliahan dan organisasi. Kemudian memprioritaskan apa yang benar-benar harus diprioritaskan, serta komikasikan dengan baik antara diri sendiri dengan orang yang terlibat. Misalnya ada kegiatan rapat rutin, jika memang berhalangan hadir mintalah ijin kepada ketua dan anggota yang lain. Menurut saya, Agroteknologi UMY merupakan prodi yang sangat keren karena mempelajari banyak mengenai penerapan teknologi dalam budidaya tanaman, sesuai dengan prinsip pertanian untuk jangka panjang. Kemudian, mahasiswa dapat belajar banyak mengenai bagaimana merencanakan dan merancang sistem produksi tanaman dengan efektif dan produktif. Agroteknologi UMY menjadi prodi yang sangat asik dan menyenangkan untuk kuliah, karena sistem pembelajarannya tidak hanya dilaksanakan terori dalam kelas maupun praktikum dalam laboratorium serta lahan percobaan. Namun, ada kalanya Agroteknologi UMY melakukan pembelajaran dengan cara fieldtrip di perusahaan atau instansi yang berkaitan dengan mata kuliah tertentu. Jadi, kita bisa jalan-jalan sambil belajar tentunya. “ Pesan saya untuk teman-teman dan adik tingkat yang sedang melakukan perkuliahan maupun proses persiapan penelitian, bahkan penulisan skripsi jangan pernah malas-malasan, selalu disiplin, buatlah timeline, dan selalu ingat akan perjuangan orang tua yang telah membiayai perkuliahan kita. Buatlah bangga orang tua dengan bisa lulus tepat waktu” tutup Novia.

Setelah prosesi yudisium usai, tak lupa Innaka Ageng Rineksane, S. P., M. P., Ph. D. memberikan wejangan kepada peserta yudisium Periode III 2018/2019 agar senantiasa ingat kepada Alloh S.W.T yang telah memberikan kelancaran dari awal perkuliahan hingga yudisium dan selalu jaga nama baik almamater pada umumnya dan nama baik kalian pribadi khususnya. Tunjukan bahwa kalian lulusan Agroteknologi UMY yang siap bersaing dengan lulusan-lulusan dari Universitas lain di dunia kerja nanti. Titipkan salam saya kepada orangtua kalian semua, jika selama dosen-dosen dalam menyampaikan materi kuliah dan ilmu kurang sempurna, kami minta maaf sebesar-besarnya imbuh Innaka Ageng Rineksane, S. P., M. P., Ph. D. Jangan lupa sebelum prosesi wisuda akan diadakan pembekalan wisuda, yang mana pembekalan ini bertujuan untuk memberikan materi materi yang biasa diujikan ketika kalian akan masuk disuatu Instansi maupun perusahaan sambung Dina Wahyu Trisnawati, S. P., M. Agr., Ph. D. selaku Sekprodi Agroteknologi UMY. (Muchtar)