magang-international-2016

Sumber : Facebook.com (Dokumentasi pribadi dari peserta Magang Internasional Agroteknologi UMY 2016)

UMY- Program Studi (Prodi) Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berangkatkan 5 orang mahasiswa guna mengikuti Program Magang Internasional di Khon Kaen, Thailand. Program Magang Internasional tersebut dimulai dari bulan Oktober 2016 hingga bulan November 2016. Ke-5 Mahasiswa tersebut akan menjalani Magang Internasional di Khon Kaen University, Thailand. Universitas Tersebut merupakan salah satu universitas yang memiliki Fakultas Pertanian dengan Fasilitas Laboratorium dan Lahan Percobaan yang Memadai sehingga mahasiswa Agroteknologi UMY mampu mendapatkan ilmu yang lengkap.

Program Magang Internasional yang kedua kalinya ini terlaksana atas kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Khon Kaen University. Kegiatan magang ini mendapatkan respon positif dari pihak Khon Kaen, karena dengan adanya kegiatan ini mahasiswa Thailand juga bisa melakukan magang di UMY dan beberapa Balai pertanian yang ada di Indonesia dan sudah bekerjasama dengan UMY. Awalnya Prodi Agroteknologi UMY membuka program magang internasional pada tahun 2015 dan banyak sekali mahasiswa yang berminat, sehingga kegiatan magang internasional ini akan terus dilakukan dan tidak hanya di Negara Thailand tetapi juga di Negara lainnya.

Sebelum memulai kegiatan Magang, para peserta Magang Internasional ditraining terlebih dahulu selama dua minggu oleh Phi Maesaroh (Mahasiswa Berkewarganegaraan Thailand) mengenai Bahasa dan budaya masyarakat Thailand. Peserta Magang Internasional mendapatkan fasilitas berupa pengalaman yang tidak ternilai harganya, tempat tinggal dan teman baru serta hal lain yang positif. Kelima mahasiswa tersebut ditempatkan pada laboratorium yang ada di khon kaen University, yaitu Plant Breeding Laboratory, Animal Science Laboratory dan Plant Protection Laboratory.

magang-international2-2016

Kelima Mahasiswa Magang internasional ini akan mempresentasikan hasil kegiatan magangnya di hadapan para mahasiswa fakultas pertanian UMY. Selain itu rasa senang dan ingin kembali belajar di Thailand juga di utarakan oleh salah satu mahasiswa peserta Magang International “Pokoknya saya mau kesana lagi, belum puas mendapatkan ilmu disana, semoga setelah S1 di UMY saya bisa kesana lagi dan mendapatkan gelas S2 saya” pungkasnya.

Harapan besar juga disampaikan oleh Ketua Prodi Agroteknologi UMY, Dr. Innaka Ageng Rineksane, S.P., M.P., bahwa kegiatan magang akan membuka wawasan mahasiswa khususnya Agroteknologi dan Agribisnis, bahwa saingan kita kedepan adalah masyarakat ASEAN bahkan Masyarakat Dunia, sehingga kita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Adanya kegiatan Magang ini juga membantu Prodi Agroteknologi untuk terus mendapatkan Akreditasi A dan Menjadi Prodi yang dipilih oleh masyarakat untuk membangun Bangsa dan Negara.