HIMAGRO UMY kali ini mengadakan acara "Pelatihan Pembuatan Aktivator" yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 September 2016 di Greenhouse Fakultas Pertanian UMY. Acara tersebut banyak diminati oleh mahasiswa Agroteknologi UMY dengan 80 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar, mengasah skill dan mendalami ilmu mengenai pembuatan aktivator. 

Pelatihan dimulai pukul 07.00 WIB dan langsung di buka oleh ketua panitia Sdr. Muhammad Firmansyah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Himagro Sdr. Mauludin Anwar. Setelah Acara pembukaan, peserta diberi arahan dan materi terlebih dahulu oleh Taufik Hidayat S.P. tentang Aktivator sampai pukul 09.00 WIB. 

Setelah itu, peserta diarahkan untuk membentuk kelompok-kelompok, yang terdiri dari 5 kelompok dalam 2 sesi pelatihan.  Teknis pelatihan diawali dengan persiapan alat dan bahan yang akan digunakan sembari didampingi trainer dari HIMAGRO UMY.  Bahan yang digunakan adalah bahan yang dapat mengaktifkan kerja mikroorganisme seperti seperti sampah sayuran, buah-buahan, bagian-bagian dalam tubuh hewan yang tidak terpakai (jeroan), akar bambu, bonggol pisang, bekatul, gula merah dan air cucian beras. Pembuatan aktivator ini dilakukan dalam skala kecil. Setelah itu dilanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya hingga sesi pelatihan selesai.

Dalam acara tersebut juga terdapat doorprize bagi kelompok peserta yang paling kompak dan terbaik. Melalui pelatihan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan dan menerapkan pengaplikasian aktivator kepada masyarakat sehingga terbentuk pertanian yang lebih baik. (Ibnu)

 

Sumber : https://himagroumy.wordpress.com/2016/09/27/pelatihan-attraction-activator-training-production/