Alumni & Tracer Study

" Alumni Program Studi Agroteknologi FP UMY dapat dikelompokan dalam beberapa katagori yaitu; Pelaku Usaha Pertanian, Wirausahawan, Manager, Peneliti, maupun pendidik. "

" Alumni yang bekerja di bidang kerja sesuai dengan keahlian adalah 84,85%. "

" Berdasarkan hasil tracer study tahun 2013: Waktu Tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama adalah selama 4,92 bulan. "

Fadhliansyah Damanik

Goodhope Asia Holdings Ltd

Yudho Bimo Kuncoro

PTPN IX

Sigit Widyanto

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Cilacap

Marlinda Dwi Purwanti

Diamond Seed Indonesia

Liberty

Dosen UIN Sunan Gunung Jati Bandung

Vinda catur nugraha

PT. Perkebunan Minanga Ogan

Tracer Study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya di Indonesia untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. Umpan balik inipun dapat bermanfaat pula bagi perguruan tinggi untuk memetakan dunia usaha dan industri agar jeda diantara kompetensi yang diperoleh alumni saat kuliah dengan tuntutan dunia kerja dapat diperkecil.

Manfaat Tracer Study tidak terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri. Tracer Study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, Tracer Study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi perguruan tinggi, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia usaha dan industri dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia usaha dan industri dapat melihat ke dalam perguruan tinggi melalui Tracer Study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.
 
Bagi UMY, Tracer Study dilakukan untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut:
  • Sebagai database alumni yang terdata berdasarkan Program Studi (Prodi) dan angkatan (tahun masuk);
  • Sebagai masukan/informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi;
  • Sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri;
  • Sebagai masukan bagi perbaikan kinerja dosen dan staf administrasi;
  • Sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum;
  • Sebagai bahan evaluasi untuk mengikuti akreditasi internasional;
  • Sebagai bahan untuk membangun jaringan/network alumni.