“ Rù xiāng suí sú “(when in rome, do as the romans do)

Demikianlah ungkapan  Arum Wahyu dalam bahasa cina ketika ditemui untuk berbagi cerita setelah kepulangannya dari Cina (4/10). Arum Wahyu merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FP UMY) yang mengikuti pertukaran pelajar di Cina sejak 29 Agustus 2016 sampai 29 Juni 2017. Agenda pertukaran pelajar tersebut diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO) UMY bekerjasama dengan Sias International University untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan cina.

Mahasiswi program studi agroteknologi angkatan 2014 tersebut mengaku bahwa dia sangat senang bisa mengikuti program pertukaran pelajar tersebut. Selain itu, dengan adanya program tersebut, kini ia bisa menambah skill bahasa mandarin. Disana ia ditempatkan di asrama kampus di daerah Xinzheng. Untuk kegiatan kampus dilakukan setiap hari senin sampai jum’at di waktu pagi,sore dan malam. Arum menambahkan bahwa kuliah bahasa dan kebudaan cina dibagi jadi beberapa kelas yaitu kelas writing, listening dan reading.

“ Sistem perkuliahannya kurang lebih sama dengan di UMY yaitu mengambil sks untuk setiap mata kuliahnya, yang membedakan yaitu ketika kuliah ada bel masuk, bel istirahat dan bel keluar seperti ketika kiata sekolah biasa dan untuk setiap mata kuliah durasi waktunya itu hanya 2 x 45 menit, jadi lebih santai” ungkap mahasiswi kelahiran Bengkulu tersebut. Arum menambahkan bahwa kuliah disana harus tepat waktu karena apabila telat beberapa menit saja, maka nilai akan dikurangi. Hal tersebut bukan sebatas ancaman melainkan kenyataan.

Dalam kegiatan sehari-hari Arum mengaku tidak begitu banyak kendala. Menurut peenuturan Arum, ia mengamalkan sebuah kata-kata mutiara dari Cina Rù xiāng suí sú ., when in rome, do as the romans do.” Ketika berada disuatu lingkungan baru, maka kita harus menyesuaikan diri di tempat itu buakan tempatnya yang menyesuaikan kita “ ujar Arum.

“Saya sangat berterima kasih kepada IRO UMY karena Kegiatan pertukaran pelajar ini merupakan kegiatan yang sangat positif buat saya, dengan ini saya mempunyai banyak pengalaman hidup yang mengubah hidup saya salah satunya yaitu saya bisa belajar tepat waktu, selain itu saya juga belajar toleransi karena disana banyak perbedaan agama berbeda dengan di UMY yang rata-rata muslim. Kegiatan pertukaran pelajar ini sangat disarankan bagi mahasiswa-mahasiswa terkhusus fakultas pertanian UMY supaya bisa menambah pengalaman dan wawasan” tutup Arum.