ATC

Agriculture Training Center

Perguruan tinggi mempunyai peran strategis bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga lembaga penelitian dan pengembangan teknologi yang hasilnya harus dapat dinikmati oleh segenap stakeholder. Untuk menjalankan peran tersebut, Program Studi Agroteknologi UMY telah melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan pengembangan dan implementasi teknologi pertanian, dan semakin lama semakin banyak permasalahan yang dihadapi dan kegiatan yang dilakukan di lapangan. Agar kegiatan dapat berjalan dengan sistematis dan hasilnya optimal, maka dibentuklah Agriculture Training Center sebagai taskforce penerapan teknologi pertanian.

Agriculture Training Center (ATC) Agroteknologi UMY berperan sebagai media untuk mengembangkan dan mengiplementasikan berbagai teknologi pertanian yang dihasilkan oleh Program Studi Agroteknologi UMY kepada segenap  stakeholder baik dosen, mahasiswa, organi masyarakat, guru dan siswa SLTA, pengguna lulusan, dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, ATC bertugas untuk:

  1. Memberikan konsultasi tentang penerapan teknologi pertanian di lapangan,
  2. Memberikan pelatihan teknologi pertanian praktis,
  3. Memberikan pendampingan dalam penerapan teknologi partanian,
  4. Membantu Program Studi dalam mengenalkan dan mempromosikan diri ke masyarakat.

ATC telah banyak melakukan kegiatan/aktivitas, antara lain pelatihan kultur jaringan, aklimatisasi anggrek, budidaya tanaman secara hidroponik dan aeroponik, hidrogel, terrarium, hortirarium, pengolahan hasil pertanian, dan sebagainya ke dosen, mahasiswa, guru dan murid SLTA dan organisasi masyarakat. ATC juga bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) untuk mengikuti display dan pameran pertanian baik untuk kalangan internal maupun eksternal seperti pameran sekolah, expo pemerintah daerah dan sebagainya.

Pelatihan yang Dilaksanakan:

Pembuatan Terrarium

dsc_0070sTerrarium merupakan seni bertanam dalam bejana kaca dengan medium tanam tanpa tanah yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu bentuk miniatur taman yang bernilai tinggi.

Perbanyakan Vegetatif dan Budidaya Tan. Hias

foto1928xTanaman hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi karena nilai estetika (keindahan) pada daun, bunga, batang atau organ lainnya. Untuk mendapatkan tanaman dalam jumlah yang banyak, perlu adanya teknik perbanyakan yang tepat. Selain itu, untuk menghasilkan tanaman dengan penampilan menarik, diperlukan tata cara budidaya yang benar.

Bertanam dalam Hidrogel

dsc_0057sHidrogel merupakan polyester yang mempunyai daya serap terhadap air sangat tinggi. Tanaman yang ditanam dalam medium ini akan terlihat lebih menarik dan mempunyai nilai artistik yang tinggi karena hidrogel seperti kristal berwarna-warni yang dapat memantulkan cahaya.

Aklimatisasi Anggrek

Aklimatisasi anggrek merupakan upaya pembesaran anggrek botolan. Biji anggrek pada umumnya ditanam dalam botol dan dibudidayakan secara aseptik dalam laboratorium. Untuk membesarkan dan membungakan tanaman anggrek, perlu adanya adaptasi bibit anggrek dengan lingkungan luar. Proses adaptasi tanaman anggrek tersebut dinamakan aklimatisasi.

Vertikultur

img_1189sVertikultur merupakan sistem pertanaman yang bersifat vertikal. Sistem ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan-lahan yang sempit yang biasanya terdapat diperkotaan sehingga tetap dapat memproduksi hasil-hasil pertanian.

Hidroponik

dscn9296sHidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan media tanpa tanah, pada umumnya medium air atau medium lain yang tidak mengandung unsur hara. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman diberikan bersamaan dengan air siraman.

Tabulampot

dsc01662sTabulampot merupakan singkatan dari tanam Buah dalam Pot. Tabulampot merupakan cara menanam tanaman buah di dalam pot. Tujuannya agar didapatkan tanaman buah yang mampu berbunga dan berbuah dalam umur yang lebih pendek sehingga selain dapat dimanfaatkan buahnya, juga mempunyai nilai estetika di pekarangan.

Pembuatan Hortirarium

img_7363sHortirarium merupakan seni dekoratif dari buah, sayuran, dan biji-bijian yang telah diawetkan. Hortirarium disusun sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi dan bernilai ekonomi tinggi.

Pembuatan Parcel Tanaman

parcel-tanamanxParcel tanaman merupakan susunan tanaman hias yang dirangkai sedemikian rupa sehingga memiliki nilai artistik yang tinggi. Parcel tanaman dapat dijadikan hantaran atau hadiah pada saat-saat istimewa seperti lebaran, pernikahan, ulang tahun, acara wisuda dan lain-lain.

Pengolahan Hasil Pertanian

imgp2414sHasil pertanian berupa bentukan segar dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan. Contoh dari pengolahan hasil pertanian seperti Jahe Instan, Susu Kedelai, Sirup, Selai, Keripik Pisang, Nugget, dan lain-lain. Pengolahan hasil pertanian tersebut akan meningkatkan harga jual dari hasil pertanian sehingga mampu meningkatkan pendapatan.

Information for Future Students

© 2015 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY