Pembekalan wisudawan Fakultas Pertanian UMY dilaksakan di Ruang Sidang AR Fachrudin A lantai 5 (18/10). Pada pembekalan kali ini, Fakultas Pertanian UMY mendatangkan Bapak Ir. Fauzan selaku Direktur dari perusahan ternama yang bekerja dibidang Eksportir hasil pertanian, yaitu PT. Great Giant Pineapple. Beliau memberikan pemaparan terkait peluang bisnis yang akan menjadi peluang besar dimasa mendatang ada dibidang pertanian. Selain itu, menurut penuturannya yang perlu dikembangkan di bidang pertanian adalah pemasaran produk-produk lokal agar mampu masuk kepasar yang memiliki nilai jual lebih tinggi misalnya penjualan/pemasokan buah-buahan lokal di perhotelan.

Setelah pemaparan yang cukup luas terkait bidang pertanian dan bisnisnya, tibalah sesi tanya jawab terkait materi yang dipaparkan. Seperti halnya yang ditanyakan oleh Susanto Ady Nugroho (wisudawan Agroteknologi UMY) terkait dalam hal bisnis pertanian agar menjadi profesional. Menurut Ir. Fauzan untuk mencapai profesional harus disesuaikan dengan kemampuan yang telah kita miliki dan target yang telah ditentukan. Sehingga, ketika mampu menyelesaikan target sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, maka itu termasuk profesional.

Menurut Ir. Fauzan (Dirut GGP), terdapat dua prespektif terkait wisudawan (fresh graduate). Pertama dunia pertanian sangat luas terkait dengan vareasi, kebutuhan dan jumlah yang sangat banyak sedangkan yang kedua ketika kita sudah bekerja jangan hanya ingin bekerja terus dan terpaku pada sebuah perusahaan melainkan kita harus mampu membuka wawasan yang telah kita miliki baik yang kita dapat untuk membuka pekerjaan. Harapan saya fresh graduate memiliki kultur yang bekerja keras untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Apalagi kalau mampu membuat asosiasi kecil-kecilan untuk memajukan potensi lokal yang ada, seperti potensi-potensi yang ada di Yogyakarta ini tutup Ir. Fauzan (Dirut GGP).