Fakultas Pertanian UMY pagi ini kembali menggelar seminar hasil penelitian dosen di Gedung Fakultas Pertanian UMY. Tiga dosen yang mempresentasikan hasil penelitian yakni Ir. Nafi Ananda Utama, M.S., Ir. Nur Rahmawati, M.P. dan Dr. Widodo, M.P. Pada seminar kali dihadiri puluhan mahasiswa Agribisnis dan Mahasiswa Agroteknologi angkatan 2013,2014, dan 2015. Salah satu hal yang menarik dalam seminar hasil penelitian pagi ini adalah hasil penelitian terkait penggunaan teknologi untuk mendukung pengembangan pertanian.

Ir. Nafi Ananda Utama, M.S. yang merupakan dosen Agroteknologi bekerjasama dengan Dosen Teknik Elektor dan Dosen Teknik Informatika UMY mengembangkan alat analisis daun berbasis smartphone (LIF). Pada saat ditemui Pak Nafi mengungkapkan bahwa penelitian ini merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian. “Saya pikir kita ingin membuat sebuah teknologi yang praktis, mudah dan itu bisa di manfaatkan oleh petani yang rata-rata dari segi anggaran tidak begitu banyak tetapi memerlukan itu untuk memproduksi pertanian”, tutur Pak Nafi ketika ditemui di Ruang Referensi FP pasca pada Sabtu pagi (22/04/2017).

LIF merupakan aplikasi pengukuran daun dengan memanfaatkan resolusi kamera smartphone. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah yakni dengan meletakan daun pada selembar kertas A4, kemudian tekan tombol capture, store dan tekan tombol hitung. Sebelum dirilis dan diunggah di playstore aplikasi ini akan dikembangkan lebih lanjut agar lebih mudah dan akurat. Selain itu pengembangan ini juga dilakukan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ada. Setelah itu aplikasi ini akan diunggah oleh tim peneliti dan dapat di unduh secara gratis.

sumber : http://fp.umy.ac.id/dosen-agro-umy-kembangkan-teknologi-analisis-daun-berbasis-smartphone/