International Conference on Sustainable Cereals and Crops Production Systems in the Tropics (ICFST) merupakan kegiatan konferensi Internasional yang diselenggarakan bersama antara Kementan RI, CIMMYT, Ristekdikti dan Pusat Unggulan Iptek. Pada tahun 2019 ICFST diselenggarakan di Makasar pada 23-25 September 2019. Adapun fokus dari konferensi tahun ini adalah pengembangan tanaman pangan khususnya di daerah tropis, terutama tanaman pangan strategis baik itu di Indonesia maupun di dunia.

Pada kegiatan ini salah satu dosen dari Prodi Agroteknologi UMY, yaitu Dr. Siti Nur Aisyah, S.P. berhasil menjadi partisipan sekaligus mendapatkan penghargaan sebagai Best Oral Presentations. Adapun materi yang di presentasikan oleh Dr. Siti Nur Aisyah, S.P. adalah “Keragaman Penyakit pada Tanaman Singkong di daerah Gunung Kidul”. Dr. Siti mengungkapkan bahwa dari hasil pertemuan konferensi kemarin, muncul beberapa gagasan terkait kebijakan-kebijakan pemerintah tetang komoditi pangan strategis seperti beras, jagung dan lain-lain yang harus segera diperbaiki. Khususnya dalam mengatasi iklim yang semakin tidak terkondisikan, serta kesejahteraan petani harus ditingkatkan kembali. Sedangkan harapan dari dunia pendidikan dan akademisi semakin kedepan baik itu tenaga pendidik, dosen, maupun mahasiswa, harus merubah pola pikir, yang mana sebagian besar lulusan dari perguruan tinggi manapun selalu unggul dalam terori, namun sangat minim dalam praktiknya. Oleh sebab itu, perlu ada keseimbangan dalam teori maupun praktiknya dalam sistem pembelajaran, sehingga ketika lulus sudah siap mengaplikasikan ilmu, teori dan praktiknya di masyarakat, tutup Dr. Siti Nur Aisyah, S.P.

Alhamdulillah salah satu dosen Prodi Agroteknologi UMY kembali mendapatkan prestasi di ajang Internasional ungkap Innaka Ageng Rineksane, S.P., M.Agr., Ph.D. selaku Kaprodi Agroteknologi UMY. Harapan saya selaku kaprodi, Prestasi ini bisa bertahankan bahkan harus ditingkatkan, serta dosen-dosen yang lain juga masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan prestasi baik dikacah Nasional maupun Internasional, tutup Innaka Ageng Rineksane, S.P., M.Agr., Ph.D. (Muchtar)