IAAS LC UMY telah melakukan kegiatan IAAS Charity yang bertempat di Desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, pada 1 Desember 2019. IAAS Charity merupakan salah satu kegiatan amal yang bertujuan untuk membantu mensejahterakan masyarakat disuatu desa. Desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu desa yang terletak di lereng gunung Merbabu, lokasi desa sangat jauh dari pusat kota sehingga keadaan tersebut menyulitkan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuan sehari-hari. Hal ini lah yang mendasari IAAS LC UMY menyelenggarakan IAAS Charity di desa tersebut. Tujuan lain diadakannya IAAS Charity yaitu untuk menumbuhkan hubungan yang baik anatara IAAS LC UMY dengan masyarakat di desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, serta membantu dalam mensejahterakan masyarakat di desa tersebut. Terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini yaitu: Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Bazar Pakaian, dan Teaching Children.

Pemeriksaan kesehatan yang disediakan yaitu terdiri dari tes gula darah, tes asam urat, dan periksa tekanan darah. Pemeriksaan kesehatan gratis IAAS LC UMY bekerja sama dengan BEM FKIK UMY (Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran). Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan seluruh masyarakat di Desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Menurut Bapak Suprat salah satu warga “kegiatan ini sangat memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan, karena akses masyarakat desa menuju puskesmas jarak nya cukup jauh”.

Teaching Children, dalam kegiatan ini IAAS LC UMY bekerja sama dengan Komunitas Yogyakarta Mengajar yang berfokus pada pembelajaran dan bermain dengan anak-anak di desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu membantu anak-anak di desa tersebut dalam memperoleh pendidikan. “kegiatan ini sangat menghibur, karena bisa memperoleh hadiah dan ilmu yang baru” ungkap Adi salah satu anak didesa tersebut. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Teaching Children yaitu mengenalkan anak-anak dengan berbagai macam cita-cita.

Basar pakaian, kegiatan ini menjual pakaian untuk masyarakat lokal di desa Kecitran, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah dengan harga termurah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan bazar pakaian yaitu agar memudahkan masyarakat untuk memperoleh pakaian yang layak pakai. Masyarakat sangat antusias dengan adanya bazar pakaian tersebut dikarenakan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sandang sangat sulit.
Harapannya kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan karena dengan kegiatan seperti ini mahasiswa selaka agen perubahan mampu memberikan peran dalam mengurangi beban masyarakat sekitar dan itu sesuai dangen Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selama ini menjadi pedoman mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegaitannya.(IAAS LC UMY)