Mahasiswa dari Thailand Adakan Penelitian di FP UMY

Oktober 29, 2017 oleh : superadmin-ag

Sebanyak 3 mahasiswa dari Khon Khen University yaitu Khajit Phongpan (Khem), Chonracha Chaileucha (Nepjune) dan Papitchaya Pasertthai (Praew) saat ini berada di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FP UMY). Nepjune salah satu dari mahasiswa tersebut mengatakan bahwa keberadaan mereka disini merupakan program dari Universitas Khon Khen yaitu Internasional Cooperative Education. Mahasiswa program studi agronomi tersebut menambahkan bahwa dikirimnya mereka ke FP UMY sebagai peserta magang internasional adalah bentuk kerja sama antara Universitas Khon khen dengan Program Studi Agroteknologi FP UMY.  Program tersebut dimulai sejak 25 Agustus sampai 18 Desember 2017 mendatang.

Program Magang Internasional tersebut merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Agroteknologi UMY. Dalam tahun 2017, Program studi Agroteknologi FP UMY sudah menerima peserta magang internasional sebanyak 5 mahasiswa. Selain menerima peserta magang internasionak, Program studi Agroteknologi juga sudah pernah mengirim sebanyak 13 mahasiswa untuk melalukkan magang internasional di Khon Khen University.

Praew mengatakan bahwa ada banyak kegiatan sudah dilakukan di Program studi FP UMY. “ Ada banyak kegiatan yang dilakukan disini diantaranya yaitu belajar  Bahasa dan Budaya Indonesia, pergi ke Bumi Langit institute untuk belajar pertanian disana dan melakukan mini riset” ungkap mahasiswi yang doyan makan mie ayam yogja tersebut. Praew menambahkan bahwa setiap mahasiswa mempunyai judul penelitian (red: mini project) berbeda beda. Judul-judul tersebut yaitu Application of Thrichordema sp. and organic matter sources on the growth and yield of mustard green ( Nepjune), Applicationof organic matter source on the growth of lettuce (Letuce  sativa) in sand soil (Praew) dan The utilization of pumpkins in the in vitro culture medium of Coelogyne pandurata (Black orchids) (Khem). Selain itu Praew juga mengatakan bahwa penelitian mini riset tersebut dibimbing oleh dosen-dosen Agroteknologi UMY. Praew dan Nepjune dibimbing oleh Bapak Ir. Mulyono, M.P dan Ibu Dina Wahyu T., S.P., M.Agr., PhD. Sedangkan untuk Khem dibimbing oleh Ibu Etty Handayani, S.P., M.Si.. Mini riset yang dilakukan selama di Fakultas Pertanian UMY tersebut nantinya akan dijadikan tugas akhir ketika kembali dari magang internasional

Saat ditemui ditempat tinggal sementara yaitu Asrama Mahasiswa Unires Putri UMY, mahasiswa-mahasiwa tersebut mengaku senang dan mendapat pengetahuan baru ketika belajar di FP UMY. “ Saya senang bisa belajar disini, orang-orang disini sangat bersahabat, baik dan ramah. Saya mempuyai pengalaman baru seperti cara menggunakan plate counter. Ketika di Thailand saya belum pernah mencoba”. Ungkap Prew.