Sumber : Dokumentasi Kegiatan Oleh Bagus Arrasyid, S.P.

Program Studi Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (19/11) Melakukan pelatihan pembuatan Healthy Juice di Laboratorium Pasca Panen. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat bagi mahasiswa agroteknologi serta membuka wawasan bahwa peluang wirausaha jus sehat masih banyak diminati masyarakat, terutama orang yang menghindari penggunaan gula pada pembuatan jus. Banyaknya masyarakat yang menginginkan inovasi pada pola konsumsi, yang biasanya memakan buah secara langsung kini berubah menjadi konsumsi buah dalam bentuk jus. Hal ini akan membuat proses penyerapan nutrisi pada buah yang kita makan akan lebih optimal, sehingga proses metabolism dalam tubuh berjalan dengan baik.

Dalam kegiatan ini banyak resep pembuatan jus sehat yang di sampaikan oleh Ibu Ir. Sukuriyati Susilo Dewi, M.S. selaku pemateri. Salah satunya resep mengobati Batu Ginjal yaitu dengan membuat jus campuran (Jeruk, Apel, Semangka dan Lemon). Buah yang digunakan pada pembuatan jus juga bermacam-macam, salah satunya pada kegiatan ini yaitu Buah Naga yang berfungsi untuk Menurunkan darah tinggi, Memperbaiki sistem pencernakan, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan Menyehatkan tulang tubuh dan gigi.

Nia selaku Panitia memberikan masukan pada pelatihan kali ini agar Jus Sehat hasil buatan mahasiswa dapat di bungkus dengan baik dan dijual. Jangka panjangnya Prodi Agroteknologi mampu membuka peluang usaha untuk mahasiswa maupun masyarakat untuk berjualan atau bahkan membeli Jus dengan Label Healthy Juice Agroteknologi UMY.