Program Studi Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (19/11) Melakukan pelatihan Pewarnaan Bunga Potong di Laboratorium Kultur In Vitro. Kegitan ini bertujuan untuk mempraktekan ilmu mata kuliah Pasca Panen, khususnya pada Tanaman Bunga. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha.

Ibu Ir. Titiek Widyastuti, M.S., Selaku Ketua Badan Pengawasan Mutu UMY sekaligus Pemateri dalam kegiatan ini, menjelaskan bahwa banyaknya permintaan bunga potong dalam negeri, seperti di Hotel-hotel, Rumah Makan, Kantor-kantor akan menumbuhkan peluang yang tinggi untuk berwirausaha khususnya pada komoditas bunga. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah kemampuan bunga potong dalam mempertahankan kesegarannya. Sehingga dalam pelatihan ini, perlu dilakukan penanganan pasca panen yang tepat seperti merendam dalam air, tangkai bunga dipotong miring. Pelatihan kali ini dilakukan pengawetan serta pewarnaan bunga Sedap Malam yang dilakukan dengan cara menyelupkan tangkai Bunganya kedalam botol yang berisi pewarna makanan, Asam Sitrat, Gula Pasir dan Aquadest. Bahan-bahan tersebut nantinya akan membuat bunga Sedap Malam bertahan lama dan warnanya menjadi bervariasai, sehingga memiliki nilai estetika yang lebih tinggi.

Harapan juga disampaikan oleh Ibu Ir. Agung Astuti, M.Si. selaku ketua pengelola ATC (Agriculture Training Center)  agar kegiatan pelatihan pewarnaan bunga potong ini mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pasca panen bunga, serta terus mengembangkan kreatifitas dalam meningkatkan nilai jual bunga agar peluang wirausaha dan tempat kerja semakin meningkat. Kemudian menurut salah satu mahasiswa yang tertarik dengan pelatihan ini, akan terus belajar mengenai pasca panen bunga serta berbagai cara merangkai bunga agar menjadi komoditas unggulan di Indonesia (Arrum).