Oleh : Bagus Arrasyid, S.P.

IMG_0052

Sumber : Dokumentasi Kegiatan Oleh Siti Safitri Nafi’ah

 

UMY-Program Studi Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pengenalan Ilmu Sains Pertanian kepada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Utama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2016. Sejumlah 20 Siswa dan Siswi tersebut melakukan pengamatan sel daun tanaman Rhoeo discolor di Laboratorium Bioteknologi, Fakultas Pertanian UMY. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Prodi Agroteknologi terhadap masa depan pertanian Indonesia agar lebih maju dan menjadi pilihan bagi generasi muda mendatang.

Kegiatan Pengenalan Ilmu Pertanian yang dilakukan yaitu pengamatan sel tanaman dan pengenalan mikroskop. Pengamatan sel yang dilakukan yaitu pada daun yang merupakan tempat fotosintesis pada tanaman berlangsung di dalam kloroplas dengan ketersediaan air, karbondioksida, unsur hara dan sinar matahari. Kloroplas merupakan molekul kompleks yang terdapat di dalam sel daun dan hanya dapat diamati melalui mikroskop. Kegiatan ini menjadi sangat penting karena pengenalan sejak dini menganai arti penting kloroplas dalam suatu tanaman, yang pada akhirnya akan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini terlihat sangat antusias, meraka sangat senang dapat melihat mata di daun tanaman (Stomata).

Selain itu Ibu sulastri dan Krisnawati yang merupakan Guru pendamping pada kegiatan ini mengatakan “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena siswa-siswi menjadi lebih menghargai pentingnya tanaman dan tau dari mana asal makanan, pakaian dan rumah yang mereka nikmati dalam kehidupan sehari-hari”

Harapan prodi Agroteknologi, kegiatan ini akan  bermanfaat bagi siswa SD dalam hal : 1) meningkatkan minat siswa di bidang sains sejak dini,  memahami tentang sejarah penemuan Mikropkop yang telah membuka jendela dunia yanga semula tidak terlihat oleh mata, 2) bagaimana cara kerja mikroskop, 3) bagaimana membuat preparat sel tanaman. Dari Segi IPTEK, mengenal sel daun dan klorofil yang berfungsi dalam fotosintesis dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Segi Promosi, siswa-siswi mengenal program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sehingga termotivasi untuk melanjutkan studi dibidang Pertanian. Harapan besar kami (Kepala Prodi Agroteknologi) Ibu Innaka, “siswa-siswi menjadi cinta terhadap tanaman, dan akan memperjuangkan pertanian Indonesia agar lebih maju dan mensejahterakan masyarakat”.