Bunga potong sedap malam (Polianthes tuberosa L.) merupakan salah satu bunga potong yang banyak dijadikan usaha di Indonesia. Varietas, warna, bau, dan kondisi fisik bunga adalah yang menjadi faktor penting dalam pertimbangan konsumen dalam memilih bunga. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa bunga satu ini memang memancarkan aroma yang begitu sedap khususnya di malam hari. Program Studi Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Sabtu (24/11/2018) telah melakukan pelatihan pewarnaan bunga potong di Laboratorium Kultur In Vitro.

Pelatihan ini diikuti oleh 46 mahasiswa program studi Agroteknologi angkatan 2018. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mempraktekkan bagaimana cara pewarnaan terhadap tanaman bunga khusunya bunga sedap malam, akan tetapi juga memberikan pengetahuan tentang ilmu mata kuliah pasca panen kaitannya dengan penanganan yang harus dilakukan seperti merendam dalam air, tangkai bunga dipotong miring. Pengawetan serta pewarnaan bunga dilakukan dengan cara menyelupkan tangkai bunganya ke dalam botol yang berisi pewarna makanan, asam sitrat, gula pasir dan air. Bahan-bahan tersebut akan membuat bunga lebih tahan lama dan warna lebih bervariasi.

Harapan juga disampaikan oleh Pak Taufiq Hidayat selaku ketua pengelola ATC (Agriculture Training Center) agar kegiatan pelatihan pewarnaan bunga ini mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pasca panen bunga. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha.