Dua Kelompok Penelitian Eksakta Mahasiswa Agroteknologi Juara dalam Kompetisi Ide Kreatif 2019

October 28, 2019, oleh: superadmin


Sebagai bentuk dukungan terhadap ide kreatif mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan Kompetisi Ide Kreatif (KIK) untuk kedua kalinya (26/10). KIK merupakan suatu kompetisi yang digagas untuk menunjang sekaligus sarana ajang melatih mental mahasiswa untuk menghadapi Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). KIK tahun ini diikuti oleh ratusan mahasiswa se-UMY, tak terkecuali mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi dan mendapatkan juara 1 dan juara 3 bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE).

Adapun judul dari Penelitian Eksakta yang menjadi juara 1 adalah “Pola Pewarisan Fenotip Generasi F3 Hasil Persilangan Tanaman Jagung (Zea mays L.) Varietas Lokal Tinggi Amilopektin dan Antosianin”. Kelompok penelitian beranggotakan 3 orang, yaitu : Afifatul Khoirunnisa (mahasiswi Agroteknologi), Hastari Anggirnawati (mahasiswi Agribisnis) dan Fitri (mahasiswi Farmasi). Afi menuturkan bahwa dari penelitian tersebut diperoleh tanaman jagung yang tinggi akan Amilopektin dan Antosianin yang untuk mengatasi kanker dan diabetes. “Dengan diselenggarakan KIK dan kelompok kami mendapatkan Juara, saya berharap khususnya mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroteknologi termotivasi untuk mengikuti segala ajang perlombaan baik itu internal maupun eksternal dari UMY. Mari kita bersama-sama menunjukan kualitas mahasiswa-mahasiswi Agroteknologi di PKM 2020 yang akan datang”, tutup Afi.

Sedangkan judul dari penelitian Eksakta yang menjadi juara 3 adalah “ Keanekaragaman dan Kelimpahan Hama pada Tumpang Sari Kedelai dengan Jagung”. Kelompok penelitian ini beranggotakan 3 orang, yaitu : Delvika Siti Nuraeni (mahasiswi Agroteknologi), Hilda Lisdayanti (mahasiswi Agroteknologi) dan Syifa Fauziyah (mahasiswi Agroteknologi). Delvika menuturkan bahwa “tips dan trik untuk lolos dan juara dalam suatu ajang kompetisi diantaranya adalah penyusunan proposal, format beserta isinya dan yang paling penting ketika kita melakukan presentasi. Jangan terlalu banyak menghafal dan buatlah power point yang semenarik mungkin dan relevan dengan penelitian kita”.
Alhamdulillah mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroteknologi kembali meraih juara dalam ajang Kompetisi Ide Kreatif. Dengan adanya kegiatan ini saya selaku Kaprodi sangat bangga dan saya berharap mahasiwa-mahasiswi Agroteknologi mampu mengikuti kompetisi-kompetisi baik Nasional maupun Internasional, demikian tutup Innaka Ageng Rineksane, S.P., M.Agr., Ph.D.(Muchtar)