Mahasiswa Yamaga University Jepang Melakukan Internship dan Research di Yogyakarta

February 11, 2020, oleh: superadmin

Program Studi Agroteknologi UMY, kembali menerima Pertukaran Mahasiswa Asing dalam Internship Program. Kedua kalinya Yamaga University Jepang, mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Internship sekaligus Research di Yogyakarta. Mahasiswa tersebut bernama Takuya Shirai. Shirai merupakan Mahasiswa tingkat akhir magister dari Program Studi Ekologi, Fakultas Pertanian, Yamaga University, Jepang. Selama Internship dan Research Shirai dibantu oleh dua mahasiswa Program Studi Agroteknologi UMY, mereka adalah M. Humam Tedy dan Fiber Arrasyid. Kedua mahasiswa ini ditunjuk untuk membantu berkomunikasi baik dengan Civitas Akademik maupun dengan Masyarakat disekitar UMY.



Shirai melakukan research di Yogyakarta meliputi beberapa wilayah yaitu lereng gunung Merapi, Kalasan dan Bantul. Research ini berkaitan dengan persebaran dan identifikasi keong air tawar yang berada diwilayah Yogyakarta. Shirai mengungkapkan dari hasil survey dan analisis persebaran keong air tawar meliputi Vivipadidae, Lymnaedae dan Planorbidae ditemukan di sana. Hasil identifikasi yang bervariasi dari genus ke genus, dipengaruhi oleh berbagai faktor dan yang berperan penting salah satunya adalah faktor tanah. “Namun, manajemen lahan juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kejadian tersebut, sehingga diperlukan investigasi lebih lanjut baik dari pelajar maupun instansi pemerintah yang terkait”, tutup Shirai.



Selain melakukan Research tetang persebaran keong air tawar Shirai juga mengikuti beberapa aktifitas di Internship Program antara lain belajar Bahasa Indonesia dan bermalam disalah satu warga binaan dari Progam Studi Agroteknologi UMY. “Saya sangat senang bisa bermalam dan mengikuti aktifitas dengan keluarga bapak Tukimun. Ini kedua kalinya saya berkunjung kerumah bapak Tukimun setalah dua tahun yang lalu”, ungkap shirai. Bapak Tukimun merupakan Petani Binaan dari Program Studi Agroteknologi UMY yang bergerak dibidang Pertanian Sehat yaitu bertani dengan mengedepankan kesehatan baik itu untuk tanaman maupun hasil yang dikonsumsi oleh masyarakt yang ada disekitarnya. “Terimakasih saya ucapkan kepada Program Studi Agroteknologi UMY yang telah membina saya selama ini. Selain itu saya mohon maaf sebesar-besarnya jika selama kegiatan Homestay ini banyak kekurangan dalam segi pelayanan. Semoga kedepannya bisa menarik minat mahasiswa Internship yang lain untuk berkunjung dirumah sederhana kami”, tutup Bapak Tukimun. (Muchtar)