Laboratorium

Pelaksanaan pembelajaran di Prodi Agroteknologi didukung dengan Fasilitas Laboratorium.  Prodi Agroteknologi dilengkapi Laboratorium Ilmu Tanaman, Laboratorium Proteksi Tanaman, Laboratorium Tanah dan Pupuk, Laboratorium Agrobioteknologi, Laboratorium Kultur In Vitro, , Laboratorium Pascapanen, Laboratorium Lanskap, Laboratorium Biokimia.  Selain itu Prodi Agroteknologi juga memiliki fasilitas Greenhouse dan Kebun Percobaan.  Setiap laboratorium dikelola oleh seorang kepala ruang dan tenaga laboran.

 

Laboratorium selain berfungsi mendukung pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan praktikum, juga sebagai sarana penelitian mahasiswa dan dosen.  Laboratorium di Prodi Agroteknologi juga dimanfaatkan untuk pelatihan teknologi tepat guna bidang Pertanian dan seringkali menjadi tujuan studi banding dari siswa sekolah menengah maupun universitas lain.
Kompleks laboratorium Prodi Agroteknologi terletak di Gedung G3 dan G4 lantai dasar dan lantai 1 Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Sementara Greenhouse berada di sebelah utara Unires Putra UMY.  Kebun Percobaan berada di areal pertanian sekitar kampus UMY.

Laboratorium Tanah dan Pupuk

Laboratorium Tanah dan Pupuk terletak di Kompleks Gedung G4 lantai 1. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Ilmu Tanah, Tata Guna Lahan, Manajemen Sumber Daya Alam serta Budidaya Tanaman, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis. Laboratorium Tanah dan Pupuk dilengkapi dengan peralatan analisis tanah, analisis pupuk, analisis jaringan tanaman serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Agrobioteknologi

Laboratorium Agrobioteknologi terletak di Kompleks Gedung G3 lantai 1. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum Teknik Formulasi dan Produksi Biofarming serta Teknik Isolasi dan Perbanyakan Agensia Hayati, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis. Laboratorium Agrobioteknologi dilengkapi dengan peralatan analisis mikrobia pupuk hayati, isolasi-identifikasi-analisis mikrobia, produksi bioethanol, analisis protein, lemak dan vitamin C, serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis, Ruang Inokulasi, Ruang Inkubasi, Ruang Fermentasi, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Proteksi Tanaman

Laboratorium Proteksi Tanaman terletak di Kompleks Gedung G4 lantai dasar. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Proteksi Tanaman dan Perlindungan Tanaman, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis. Laboratorium Proteksi Tanaman dilengkapi dengan peralatan isolasi-identifikasi-analisis hama dan penyakit tanaman serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Lanskap

Laboratorium Lanskap terletak di Kompleks Gedung G4 lantai 1. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Desain Lanskap serta Analisis dan Perencanaan Lanskap. Laboratorium Lanskap dilengkapi dengan komputer jaringan, meja gambar serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis Komputerisasi, Ruang Gambar, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Pascapanen

Laboratorium Pascapanen terletak di Kompleks Gedung G3 lantai dasar. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Teknologi Pascapanen, Fisiologi Pascapanen serta Teknik Pascapanen Hasil Pertanian, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis. Laboratorium Pascapanen dilengkapi dengan peralatan analisis gula reduksi, analisis vitamin C serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis Bahan Makanan, Ruang Inokulasi dan Inkubasi, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur In Vitro terletak di Kompleks Gedung G3 lantai dasar. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Teknologi Bahan Tanam, Teknik Formulasi dan Produksi Biofarming, Teknik Isolasi dan Perbanyakan Agensia Hayati, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis. Laboratorium Kultur In Vitro dilengkapi dengan peralatan perbanyakan tanaman secara in vitro, aklimatisasi, isolasi dan analisis DNA, serta peralatan lain sesuai standar. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Inokulasi dan Inkubasi, Ruang Aklimatisasi, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Laboratorium Bioenergi

Laboratorium Bioenergi terletak di Kompleks Demo house. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah Bioenergi. Laboratorium Bioenergi dilengkapi dengan peralatan produksi bioethanol, pengolahan limbah pertanian serta peralatan lain sesuai standar, penelitian dosen dan mahasiswa. Laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian.

 

Greenhouse

Kompleks greenhouse terletak di utara Unires Putra. Kompleks Greenhouse terdiri dari 3 rumah kaca / terkendali, ruang asistensi dan lahan percobaan. Kompleks Greenhouse digunakan untuk praktikum mata kuliah Teknologi Budidaya Tanaman, Fisiologi Tanaman, Problematika Hubungan Air Tanah Tanaman, Manajemen Agribisnis Tanaman, Teknologi Bahan Tanam, penelitian dosen dan mahasiswa. Greenhouse juga dilengkapi dengan fasilitas Ruang Praktikum dan Penelitian, Ruang Analisis, Ruang Produksi Pupuk, Ruang Diskusi, Ruang Kepala Laboratorium, Ruang Laboran dan Asisten.

Kebun Percobaan

Kebun Percobaan terletak di beberapa blok di sekitar kampus UMY. Kebun Percobaan dilengkapi dengan saluran irigasi, sumber air, tempat parkir dan ruang asistensi. Kebun Percobaan digunakan untuk praktikum mata kuliah Teknologi Budidaya Tanaman, Teknologi Bahan Tanam, Manajemen Agribisnis Tanaman serta Aplikasi Manajemen Agribisnis Tanaman, penelitian dosen dan mahasiswa, jasa pelayanan analisis pertumbuhan tanaman. Kebun Percobaan juga digunakan untuk penelitian skripsi mahasiswa, program kreativitas mahasiswa penelitian serta penelitian dosen.