Sebagai negara maju Jepang sangat terkenal dengan berbagai inovasinya. Inovasi tersebut berkembang melalui hasil riset yang inovatif pula. Hal ini lah yang menjadi dasar pelaksanaan Short Seminar on Sustainable Agriculture yang dilaksanakan oleh Program Studi Agroteknologi UMY dengan Fakultas Pertanian Yamagata University.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai forum pertukaran informasi hasil penelitian dari dosen prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMY dan Fakultas Pertanian Yamagata University. Pelaksanaan Short Seminar itu sendiri dilakukan pada hari Rabu (5/4) di Yamagata University, Jepang. Short Seminar disampaikan oleh 5 (lima) pembicara dari masing-masing Universitas yang menyampaikan hasil penelitiannya di bidang pertanian. Kurang lebih 50 peserta memenuhi ruang seminar untuk mengikuti kegiatan ini.

“Melalui Forum ini kami berharap akan adanya peningkatan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi dan atmosfer internasional bagi dosen-dosen agroteknologi” ujar Dr Innaka Ageng Rineksane, selaku kaprodi Agroteknologi FP UMY. Selain itu, beliau juga berharap ada kelanjutan kerjasama akademik antara UMY dengan Yamagata University.

Banyak kesan yang dirasakan oleh masing-masing peserta terutama peserta dari UMY mengenai kegiatan ini. “Penelitian yang telah dilakukan oleh dosen-dosen prodi Agroteknologi berada pada jalur yang benar, tidak kalah berkualitas dengan penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen dari Fakultas Pertanian Yamagata University”, tambah Dr Innaka. Hal ini memungkinkan untuk diadakan kerjasama pada beberapa topik penelitian yang dikembangkan oleh masing-masing institusi dalam Joint Research Program yang sekarang sedang digalakan di UMY. (chandra)