Perkembangan dunia kampus yang sangat cepat sekarang ini menuntut institusi untuk selalu up to date. Selain itu kesuksesan dari suatu proses pembelajaran tak lepas dari proses evaluasi yang terus-menerus dan sistematis. Sebagai wadah menampung aspirasi dan masukan dari mahasiswa, pada Sabtu yang lalu (5/5), Program Studi Agroteknologi UMY menggelar sarasehan yang diikuti oleh seluruh civitas akademika. Mengambil tempat di Lobby G4 lt. 1 UMY, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keakraban antar civitas akademika. Kegiatan sarasehan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan selama 2 kali dalam setahun.

Kegiatan Sarasehan Prodi sendiri akan diikuti dengan berbagai rangkaian acara diantaranya informasi akademik Agroteknologi, kumpul Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dan penghargaan mahasiswa berprestasi. Namun pada kegiatan Sarasehan Prodi Agroteknologi kali ini mengangkat tema yang unik yaitu “Manajemen Bermain Game Online bagi Mahasiswa”. Dina Wahyu Trisnawati, PhD selaku Sekretaris Prodi Agroteknologi mengatakan bahwa tema ini diangkat karena sekarang ini banyak mahasiswa yang mulai ketergantungan dengan Game Online, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang harusnya fokus pada studinya namun lebih fokus dalam bermain game. “Mahasiswa perlu disadarkan dengan memberi wawasan lebih khususnya mengenai manajemen game. Untuk itu kami membuat tema spesial dengan pemateri yang tidak biasa juga” Ujar Dina lagi. Pemateri yang diundang yaitu Bapak Muhammad Arif Rizqi, M. Psi seorang Psikolog dari FKIK UMY.

Dalam materinya Pak Arif mengungkapkan bahwa memang saat ini game online merupakan satu dari berbagai komoditi global yang saat ini menjadi sebuah tren di kalangan mahasiswa. Kehadiran game online ini memberikan suatu warna baru dalam kehidupan pergaulan mereka. Fenomena kecanduan game ini mempunyai kecenderungan merusak generasi muda ini mempunyai karakteristik yang hampir sama seperti halnya fenomena kecanduan-kecanduan yang lain seperti rokok dan psikotropika. Selain dampak dari segi kesehatan, kecanduan game ini juga menimbulkan efek pada kehidupan sosial bagi para pecandunya. Mahasiswa-mahasiswi Agroteknologi terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh beliau.

Setelah sesi tanya jawab, sarasehan dilanjutkan dengan Bimbingan DPA dengan mahasiswa. Bimbingan dilakukan secara berkelompok sesuai dengan DPA-nya masing-masing. Di akhir acara, mahasiswa berkesempatan menampilkan kesenian sesuai dengan bakatnya.